PERTEMUAN 7 ( BOOTLOADER PADA LINUX )

I . Laporan ..

1. Jelaskan pengertian Bootloader beserta fungsinya !!

2. Jelaskan bootloader yang terdapat pada LINUX !

3. Jelaskan cara konfigurasi bootloader di Linux serta cara mengganti background !!

Jawaban :

1. Bootloader adalah suatu program yang sudah tertanam pada suatu sistem operasi untuk membuat atau memanggil sistem operasi yang ada pada harddisk dan media boot lain nya seperti flashdisk contohnya GRUB dan LILO .

Biasanya Bootloader digunakan untuk memilih sistem operasi yang ada pada harddisk karena pada harddisk tersebut memiliki lebih dari 1 sistem operasi . Bootloader ini dimuat pada BIOS komputer yang kemudian digunakan untuk memanggil kernel suatu sistem operasi.

Bootloader berfungsi untuk memilih dan memanggil sistem operasi yang ada pada harddisk dan media boot lain nya misalnya pada harddisk terdapat sistem operasi GNU/LINUX mandriva 2010.1 dan Ubuntu 10.10 .

Bootloader harus dipasang pada MBR ( Master Boot Record ) pada harddisk atau media boot lain nya agar sistem operasi yang terdapat pada harddisk bisa diboot dengan baik .

2. Terdapat 2 jenis Boot Loader pada GNU/Linux, yaitu GRUB dan LILO :


gambar : GRUB

GRUB (GRand Unified Bootloader), adalah Boot Loader yang disediakan oleh GNU dan merupakan proyek dari GNU. GRUB banyak digunakan pada berbagai macam distro GNU/Linux. Karena GRUB banyak digunakan oleh berbagai macam distro GNU/Linux, maka perkembangan GRUB-pun menjadi pesat. Saat ini, terdapat versi ke-2 GRUB, yaitu GRUB2 yang sudah ada pada GNU/Linux Ubuntu 10.10.


gambar : LILO


LILO (LInux LOader), adalah Boot Loader yang terdapat pada sistem operasi GNU/Linux Red Hat dan turunannya. Biasanya, LILO sering di-set sesuai kebutuhan penggunanya. Banyak menu konfigurasi yang disediakan oleh LILO, dan LILO-pun dapat di-install dan di-uninstall .


Jadi, intinya program Boot Loader ini berfungsi untuk memanggil sistem operasi pada hard disk dan media yang bisa di-boot seperti flashdisk. Oya, anda harus hati-hati ketika akan mengkonfigurasi Boot Loader seperti GRUB dan LILO. Karena apabila terjadi kesalahan, bisa-bisa anda tidak dapat mem-boot sistem operasi.

3. Konfigurasi LILO ataupun konfigurasi GRUB dapat anda lihat di direktori /boot/grub untuk GRUB dan /etc/lilo untuk LILO .


Berikut ini tahapan untuk mengganti background pada bootloader :
  1. Masuk ke root = $ su –
  2. Melihat isi grub = # vi /boot/grub/menu.lst
  3. Pilihlah satu gambar lalu buka gambar tersebut menggunakan aplikasi GNU Image Manipulation Program, setelah itu lakukan beberapa langkah sebagai berikut = image-scale image(640×480) , lalu image-mode-indexed-Maximum Number of Colors(14), setelah itu save as gambar dengan format ‘.xpm’
  4. Lakukan extract data = # gzip /home/user/Desktop/ Gambar.xpm
  5. Kemudian pindahkan data = # mv /home/user/Desktop/ Gambar.xpm.gz /boot/grub/
  6. Untuk melihat file ada atau tidak = # cd /boot/grub
  7. Masuk kembali ke isi grub, lalu ganti splashimage menjadi nama gambar yang telah kita edit sebelumnya
  8. Reboot.

Setelah proses reboot selesai maka gambar yang telah Anda edit tadi sudah menjadi background pada saat Anda memilih sistem operasi atau pada bootloader.

II. Pretest ..

1. Jelaskan pengertian System Administrator dan fungsinya !

3. Jelaskan pengertian StartUp dan Shutdown pada Linux



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTEMUAN 6 (EDITOR TEKS VI DI LINUX )

PERTEMUAN 4 ( SOFTLINK & HARDLINK )